Kamis, 25 April 2013

Cara Presentasi Yang Baik

Survei membuktikan bahwa seseorang lebih takut untuk berbicara di depan umum daripada kematian. Padahal, berbicara di depan umum merupakan satu kunci sukses dalam karir maupun bisnis  ketika Anda mempunyai kesempatan untuk membuktikan eksistensi diri. Pentingnya presentasi, maka artikel ini akan membahas cara presentasi yang baik dan benar.
Berikut ini cara presentasi yang baik dan benar, yang dikutip dari How To Do Things.
1. Persiapkan Bahan Presentasi
Biasanya, Memalukan merupakan momok terbesar yang ditakuti seseorang ketika tampil di depan umum, seperti hilangnya konsentrasi yang disebabkan salah bicara, sehingga membuat lupa materi apa saja yang akan Anda bicarakan. Tetapi, ketakutan tersebut dapat dihindari jika Anda telah mempersiapkan bahan presentasi secara matang. Persiapan materi dapat berupa  topik, isi, hingga  pertanyaan yang berpotensi diajukan oleh pendengar presentasi Anda.
2. Perbanyak Latihan
Penampilan terbaik hanya diperoleh jika Anda sering latihan. Anda dapt memulainya di depan cermin, keluarga, teman, maupun di depan hewan peliharaan Anda. Jangan sungkan untuk meminta pendapat dari keluarga atau teman Anda agar penampilan Anda semakin bagus di depan umum. Semakin banyak berlatih, kemampuan Anda akan semakin terasah dan akan mudah untuk tampil di depan umum kapan dan dimana saja dengan audien siapapun.
3. Kenali Siapa Audiens
Karakter budaya, bahasa, dan cara berpikir manusia berbeda-beda. Agar presentasi Anda terlihat menarik, maka Anda harus mengenal budaya organisasi dari pendengar, latar belakang pendidikan, maupun asal daerah. Hal itu akan mempengaruhi Anda untuk memilih struktur bahasa yang akan Anda gunakan pada saat presentasi. Kesalahan dalam pemilihan bahasa membuat audiens tidak dapat menangkap isi presentasi Anda.
4. Datang Lebih Awal
Hal-hal teknis sepeti tata letak ruangan biasanya membantu Anda berpresentasi kepada rekan kerja maupun atasan Anda.  Maka dari itu, sangat baik jika Anda datang lebih awal agar mengetahui keadaan ruang presentasi. Datang lebih awal juga dapat digunakan untuk mempersiapkan keperluan-keperluan teknis lainnya yang dirasa perlu seperti penyesuaian diri dengan keadaan di sekitar lokasi.
5. Santai dan Tenang
Saat berbicara di depan pendengar, Seseorang dituntut untuk mempunyai sesuatu yang pendengar  inginkan dari sikap, point-point presentasi, maupun pembawaan Anda dalam menyampaikan isi materi. Jika sudah mengkuti tips di atas, maka rileks dan nikmati presentasi Anda. Apabila cara menyampaikan materii dengan santai dan tenang, secara otomatis pendengar akan menikmati apa yang Anda bicarakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar